SAUDI FUND TINJAU PROYEK DI UNSYIAH

The Saudi Fund for Development (SFD) meninjau proyek pembangunan tiga fakultas di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Peninjauan tersebut diawali dengan diskusi tentang progres pembangunan di Balai Senat Unsyiah, Selasa (22/11).

Tiga fakultas yang dibangun, yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), dan Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP). Hadir dalam diskusi tersebut, antara lain Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal, MEng, Wakil Dekan I Bidang Akademik Unsyiah, Dr Hizir, tim Project Implementation Unit (PIU) 7in1 Unsyiah, dekan ketiga fakultas, dan konsultan.

Perwakilan SFD, M Abdullah M Al-Shoaibi mengatakan, SFD senang dapat membantu Unsyiah dalam menjalankan tugasnya di dunia pendidikan. Ditambah lagi Unsyiah memiliki mahasiswa yang berjumlah banyak. Menjadi kebanggaan SFD karena dapat membantu kampus yang besar.

“Apabila ada kebutuhan yang belum terpenuhi, silahkan mengajukan proposal kepada SFD untuk dipelajari. Setelah itu, kami akan mengirimkan tim untuk meninjau ke lapangan. Kalau sesuai, maka akan SFD akan mengalokasikan dana untuk itu,” kata Abdullah.

Sementara itu Rektor Unsyiah dalam sambutannya menyampaikan, masih banyak yang harus dibangun Unsyiah, salah satunya fasilitas asrama yang memadai. Asrama mahasiswa Unsyiah yang ada selama masih belum cukup menampung seluruh mahasiswa Unsyiah. Oleh karena itu, pada tahap awal, Unsyiah hanya menampung 7.000 mahasiswa di asrama tersebut.

“Semoga kekurangan tersebut juga mendapat perhatian khusus dari SFD,” ujarnya.

Dr Abdullah, salah satu penanggung jawab proyek mengaku, pembangunan tiga fakultas tersebut direncanakan dan dilaksanakan dengan baik. Semua bangunan yang dibangun aman dari bencana seperti gempa dan tsunami.

“Selain itu, bangunan tersebut dibangun atas tiga konsep, yaitu monumental building, locality, dan modernity,” sebut dosen Fakultas Teknik (FT) Unsyiah itu.

Ia menambahkan, meskipun yang dibangun hanya FMIPA, FKH, dan FKP, namun tim ahli dari FT Unsyiah ikut terlibat dalam pembangunan ini.

Usai diskusi seluruh peserta tersebut meninjau ke lokasi proyek pembangunan ketiga kampus tersebut.

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya