PROFIL PROGRAM STUDI D-III KESEHATAN HEWANFAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA


Identitas Program Studi:

  • Nama Program Studi: Diploma III Kesehatan Hewan FKH Unsyiah
  • Alamat: Jl. Tgk Hasan Krueng Kalee No. 4 Darussalam
  • Kode Pos: 23111
  • Kabupaten/Kota: Banda Aceh/Banda Aceh
  • Lintang: 5°34'03.8"N
  • Bujur: 95°22'15.2"E
  • Nomor Telpon: 0651-7551536
  • Nomor Faxcimile: 0651-7551536
  • Alamat Email : fkh@unsyiah.ac.id
  • Website: fkh.unsyiah.ac.id
  • Gelar Yang Diberikan: A.Md. Vet.

Deskripsi Singkat:

Program Studi Diploma III Kesehatan Hewan merupakan program studi termuda di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala. Program Studi Diploma III Kesehatan Hewan berdiri pada tanggal 5 Februari 2013 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 35/E/O/2013. Kuliah perdana dimulai pada September 2013, tahun ajaran 2013/2014.Pendirian PS D-III Keswan merupakan rekomendasi dari pertemuan Lokakarya Konsorsium Ilmu-Ilmu Kedokteran Hewan dan Majelis Pendidikan Profesi Kedokteran Hewan di Denpasar, Bali pada tanggal 18-19 Juli 2007, untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga paramedik kesehatan hewan setingkat ahli madya.

VISI

  1. Menghasilkan paramedik yang terampil, mandiri, komunikatif, kompetitif, menjunjung nilai-nilai moral dan etika, kreatif dan inovatif, berwawasan luas dan berjiwa wiraswasta di bidang kesehatan hewan dan peternakan.
  2. Membantu pelayanan medik veteriner, kesehatan masyarakat veteriner, sistem kesehatan hewan (terrestrial dan aquatic) dan kesejahteraan hewan.
  3. Melakukan pemeliharaan hewan/ternak, hewan kesayangan dan companion animal berazaskan kesejahteraan hewan.
  4. Melakukan pemeliharaan satwa liar/konservasi, atau satwa akuatik, atau hewan laboratorium berazaskan kesejahteraan hewan.
  5. Melakukan tindakan teknis dalam bidang biomedik, atau medik reproduksi, atau produksi ternak, atau produk hewan, atau karantina hewan (terrestrial dan aquatic), atau penyuluhan dan promosi kesehatan hewan, atau teknologi limbah ternak dan sanitasi

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan dan pengajaran.
  3. Meningkatkan dan melaksanakan pengabdian masyarakat dengan pengaplikasian ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu kesehatan hewan.
  4. Meningkatkan atmosfer akademik.
  5. Memberikan pelayanan informasi terkini yang relevan, teknologi tepat guna, dan pelayanan jasa.

Kompetensi Prodi :

  1. Mampu melakukan tindakan teknis dalam bidang kesehatan hewan
  2. Menguasai pengetahuan tentang konsep dasar, prinsip dan teori yang berkaitan dengan kesehatan hewan

Capaian Pembelajaran :

  1. Mampu bekerja sebagai teknisi di laboratorium zooteknis (anatomi, atau histologi, atau fisiologi, atau biokimia, atau embriologi, atau reproduksi, atau patologi klinik, atau patologi, mikrobiologi, atau parasitologi, atau imunologi, atau farmakologi, atau toksikologi atau bedah, atau penyakit dalam, atau kesmavet) dengan menggunakan kaidah-kaidah kedokteran hewan dan prosedur sesuai ketentuan untuk membantu pelayanan Medik Veteriner sesuai dengan peminatannya/penekunannya.
  2. Mampu melakukan pemeliharaan hewan produksi, hewan kesayangan dan companion animal, satwa liar/konversi, satwa akuatik, atau hewan laboratorium dengan menggunakan azas kesejahteraan hewan untuk menjamin keadaan hewan yang sehat, aman, produktif, dan berkualitas.
  3. Mampu membantu pelaksanaan tugas dan wewenang dokter hewan dalam penanganan kesehatan hewan dengan menggunakan keterampilannya di bawah pengawasan dokter hewan.
  4. Menguasai konsep ilmu-ilmu yang mendasar sebagai basis praktek ilmu kedokteran hewan yang meliputi biologi, ilmu tilik hewan, perilaku hewan dan teknik pengendalian/restrain, identifikasi hewan sakit, dan membantu tindakan pengobatan penyakit hewan, membantu tindakan bedah dalam tindakan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif berkaitan dengan hewan sehat dan sakit berbasis kesejahteraan hewan, serta mampu menerapkannya secara lege artis.
  5. Mampu melakukan pencatatan dan pelaporan medis secara runtut dan benar, mampu melakukan pekerjaan mandiri maupun kelompok, dengan menunjukkan sikap profesional paramedik, kepatuhan, memiliki jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan yang bertanggung jawab.

Bagikan halaman ini