Lompat ke isi utama
x
1

FKH USK Berhasil Raih Sertifikat ISO 9001:2015

Banda Aceh — Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala (FKH USK) berhasil meraih sertifikat ISO 9001:2015 dari lembaga internasional TUV.

Informasi tersebut seperti yang disampaikan oleh Dekan FKH USK drh Teuku Reza Ferasyi MSc PhD di Banda Aceh, Selasa, 9 Maret 2021.

“FKH USK secara resmi telah mendapatkan sertifikat ISO:9001-2015 dari lembaga internasional TUV,” ucapnya.

Atas pencapaian FKH ini, Reza menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT. Menurutnya, keberhasilan ini tidak lepas dari bimbingan penuh pimpinan Universitas dan dukungan kerja sama yang solid dari sivitas FKH USK termasuk para alumni FKH USK.

“Hasil ini membuktikan kerja sama dalam kebersamaan dan kekeluargaan bisa membawa institusi meraih sejumlah target yang telah diprogramkan,” sebutnya.

Selain itu, Reza menilai keberhasilan ini juga mengindikasikan layanan akademik dan non-akademik di FKH USK telah diakui memenuhi standar Sistem Manajemen Mutu.

Sertifikasi ISO 9001 2015 merupakan suatu standar bertaraf internasional untuk Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu, atau bisa disebut juga sebagai Sertifikasi Sistem Manajemen Kualitas.

“Semoga dengan capaian ini dapat mendukung penguatan dan peningkatan layanan yang diberikan di lingkungan FKH USK kepada seluruh stakeholders, sekaligus juga mendukung peningkatan layanan Universitas Syiah Kuala,” ujarnya.

Selanjutnya, Reza menjelaskan, keberhasilan FKH USK meraih sertifikat ISO ini memberikan sarat makna dalam mendukung rencana pengembangan FKH di masa yang akan datang. Dengan kemampuan sivitas akademika dan tenaga kependidikan dalam menjalankan standar sistem manajemen mutu, ungkapnya, tentu akan menjadi sumber daya yang sangat penting untuk memperkuat pengembangan FKH sebagai sebuah institusi di bawah USK secara terencana dengan baik.

Reza mengungkapkan, diantara rencana FKH ke depan adalah peningkatan dan pengembangan kualitas layanan FKH secara internal berbasis standar mutu dengan sarana digital atau sistem informasi manajemen.

Kemudian, peningkatan dan pengembangan kualitas layanan FKH kepada pihak eksternal, seperti pihak-pihak yang akan melakukan Kerjasama baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Target ke depan juga untuk mewujudkan sistem penjaminan mutu di FKH USK menjadi benchmarking bagi pihak-pihak yang membutuhkannya.

“Secara khusus tentu saja capaian ini akan dapat digunakan dalam mendukung dokumen pengajuan akreditasi FKH USK ke LAM-PTKes dan akreditasi internasional melalui Lembaga ASIIN pada tahun 2021,” pungkasnya.

Sementara Rektor USK Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng menyambut baik atas keberhasilan FKH USK meraih sertifikasi ISO ini. Pencapaian ini menjadi sangat penting dalam upaya peningkatkan kualitas mutu layanan di fakultas tersebut, sekaligus turut mendorong USK untuk lebih mudah dalam merealisasikan visi misinya.

“Alhamdulillah, kita tentu sangat bersyukur atas keberhasilan FKH ini. Semoga hal ini bisa kian meningkatkan mutu layanan di FKH, yang secara tidak langsung turut menaikan reputasi USK,” ujar Rektor. (IA)

Sumber : InfoAceh.Net