Lompat ke isi utama
x

Kata Sambutan Dekan

1


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

 

Puji dan syukur senantiasa terucap atas segala limpahan rahmat, taufik, dan hidayah dari Allah Subhanahu Wata’ala sehingga kita semua dapat terus berbakti, memberi kontribusi bagi pembangunan negeri tercinta ini melalui berbagai sektor kegiatan. Salah satu sektor yang perannya sangat penting adalah sektor pendidikan yang merupakan modal dasar untuk mencerahkan dan memajukan kehidupan bangsa. Untuk itu diperlukan dukungan semua pihak agar upaya mencerdaskan sumber daya manusia di Indonesia dapat terlaksana dengan baik dan mencapai target.

 

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala (FKH USK) Darussalam-Banda Aceh merupakan salah satu institusi yang mengemban amanah dalam mendidik generasi penerus sebagaimana tersebut di atas. FKH USK secara resmi melaksanakan kegiatan Pendidikan Tinggi tersebut pada Tanggal 17 Oktober 1960. Pada awal pendiriannya dinamakan Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP) Universitas Syiah Kuala. Selanjutnya namanya berubah menjadi FKH Universitas Syiah Kuala setelah Jurusan Peternakan diintegrasikan ke dalam Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala pada 10 Oktober 1985.

 

FKH USK memiliki peran penting dalam meningkatkan kompetensi para mahasiswa dan lulusannya yang professional dan memiliki daya analisis yang kuat dalam bidang  kesehatan hewan, zoonosis dan keamanan pangan asal hewan. Strategi mencapai target tersebut dituangkan dalam visi dan misi FKH USK di bawah ini.

 

Visi: 

“Menjadi fakultas yang inovatif, mandiri dan terkemuka pada aspek pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang veteriner di Asia Tenggara”

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan veteriner yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter dan berdaya saing tinggi.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang veteriner.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang veteriner.
  4. Memperkuat dan memperluas kerja sama dengan institusi pendidikan, industri, dan lembaga terkait dalam bidang veteriner pada tingkat nasional dan internasional.

 

Implementasi Visi-Misi tersebut merujuk pada Visi-Misi Universitas Syiah Kuala yaitu “menjadi universitas yang inovatif, mandiri, dan terkemuka di Asia Tenggara dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat”. Selanjutnya diturunkan juga dalam semangat FKH USK, yaitu Berkhidmat-Bersinergi-Berinovasi. Alhamdulillah, dengan dedikasi seluruh sivitas akademika  dalam konsep kebersamaan dan kekeluargaan sudah banyak prestasi diraih. Selanjutnya untuk terus berkembang secara harmonis sesuai tuntutan waktu dan pemangku kepentingan maka dikembangkan berbagai jaringan kerjasama di tingkat lokal, nasional dan internasional.  Untuk itu kami selalu membuka diri dengan semua pihak agar dapat terjalin dan melaksanakan kerjasama yang saling menguntungkan. Pada akhirnya, FKH USK akan terus meningkatkan kontribusi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam mendukung kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memberi manfaat bagi masyarakat. Semoga Allah SWT selalu membimbing dan meridhai langkah kita mencerdaskan sumber daya manusia dan menghasilkan IPTEK yang bermanfaat luas. Aamiin ya rabbal ‘alamin.

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh