Lompat ke isi utama
x
1

Komisi IV DPR Dan USK Bahas Penyelamatan Hutan Aceh

Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Ir. H. T. A Khalid melakukan kunjungan ke Universitas Syiah Kuala dalam rangka mendiskusikan peluang dan peran yang dapat disumbangkan USK bagi penyelamatan hutan Aceh di masa depan.  T.A. Khalid, M.M datang bersama Wakil Ketua DPRA Aceh, Safaruddin, S.Sos., M.S.P. dan Anggota DPRA, Drs. Abdurrahman Ahmad  disambut oleh Rektor USK Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng di Balai Senat USK. (Banda Aceh, 5 Juni 2021).

Pada pertemuan yang dimoderatori oleh Wakil Rektor IV Prof. Dr. Hizir,  juga turut hadir Dekan dan Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) serta Kepala Biro Kemahasiswaan USK. Kemudian juga mengundang instansi terkait yang berada di Banda Aceh, yaitu Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dan Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL).

Dalam pertemuan tersebut Rektor meminta kepada Ir. H.T.A. Khalid, M.M agar dapat terus mendukung upaya USK memperoleh akses yang lebih mudah dan lebih luas dalam rangka melakukan pembelajaran dan penelitian di Kawasan-kawasan hutan Aceh yang masuk Kawasan konservasi dan dilindungi.

“ Hal ini mengingat bahwa Hutan Aceh merupakan salah satu sumber daya alam yang kaya akan biodiversitas penting untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan tersebut,” ucap Rektor.

Secara khusus  Dekan FKH USK, drh. Teuku Reza Ferasyi, MSc., PhD menyampaikan harapan  dan dukungan terhadap upaya USK memperoleh material dari gajah yang mati, misalnya tulang dari hewan tersebut untuk dirangkai dan dijadikan media pembelajaran di FKH USK.

Ir. H.T.A. Khalid, M.M menanggapi permintaan dari USK tersebut dengan sangat serius dan langsung berkomunikasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta. Pihak perwakilan dari instansi yang hadir juga menyampaikan komitment untuk mendukung dan memperkuat Kerjasama dengan USK. Salah satunya adalah dengan berpindahnya kantor BBTNGL ke Banda Aceh maka akan mempermudah pengurusan izin penelitian mahasiswa USK.

Sumber : Humas USK