Lompat ke isi utama
x

Laboratorium Histologi

Laboratorium Histologi merupakan laboratorium yang mengembangkan pendidikan, pengajaran dan penelitian di bidang mikroskopis jaringan normal. Mata kuliah yang di asuh oleh laboratorium ini mencakup Zoologi, Embriologi, dan Histologi. Dalam menjalankan proses pembelajaran, kegiatan praktikum, serta peningkatan mutu penelitian, laboraturium histologi memiliki peralatan mikroteknik, sejumlah mikroskop dan preparat jaringan histologi dari beberapa jenis hewan. Laboratorium Histologi juga memiliki mikroskop parallel, monitor, komputer, kamera Sigma dan software Top View untuk pembacaan preparat hasil penelitian, serta poster yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran mahasiswa. Dengan tujuan memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa dan peneliti, laboratorium Histologi akan terus berusaha meningkatkan kualitas manajemen maupun SDM.


1.            Paraffin embedding system

 
 


Deskripsi : Paraffin embedding system dipakai untuk memproses jaringan kedalam paraffin, sehingga jaringan dapat dipotong dengan presisi yang lebih tinggi dengan menggunakan microtome. Alat ini menggunakan teknologi terkini dengan design yang ergonomis dan simple.

 

 

2.            Mikroskop parallel

 

 

 

 

 

 

Deskripsi : mikroskop merupakan alat bantu yang dapat digunakan untuk melihat objek yang terlalu kecil seperti mikroorganisme jaringan, sel, dan beberapa komponen sel. Mikroskop parallel ini dapat digunakan oleh 10 orang untuk mengamati sampel yang sama dalam satu waktu.

 

 

3.            Praktikum Histologi

Mahasiswa sedang melakukan praktikum pengamatan jaringan histologi menggunakan bantuan mikroskop.

 

 
 


4.            Penelitian

 

 

Peneliti sedang melakukan proses mikrotehnik terhadap sampel jaringan histologis dengan menggunakan alat mikrotom.