Lompat ke isi utama
x

UKM HIMPUS

1.     Sejarah UKM Himpunan Mahasiswa Pecinta Unggas (HIMPUS)

 

HIMPUS FKH UNSYIAH adalah  singkatan dari Himpunan Mahasiswa Pencinta Unggas Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala, merupakan salah satu dari tiga UKM yang akan dibentuk di FKH UNSYIAH,  sehingga jumlah UKM di  kampus ungu tersebut menjadi 7 UKM. Seperti namanya HIMPUS merupakan suatu UKM yang bergerak dalam bidang perunggasan, yang berusaha menjadi  wadah bagi mahasiswa FKH UNSYIAH yang memiliki minat profesi terhadap unggas. Selain itu, juga akan berusaha untuk memberikan informasi terkini serta kegiatan-kegiatan tentang perunggasan di Provinsi ACEH  dan Sumatra khususnya bahkan  Indonesia secara nasional .
 

Provinsi Aceh memiliki konsumsi yang cukup tinggi dari hasil peternakan unggas, contohnya telur. Beberapa waktu yang lalu, situs berita bisnisaceh.com melansir berita dengan judul Aceh belanja telur dari Medan Rp360 milyar per tahun. Nilai belanja tersebut setara dengan seperempat Pendapatan Asli Daerah (PAD) provinsi Aceh setahun. Ini merupakan hal yang sangat mengejutkan  masyarakat Aceh pada umunya dan khususnya kita sebagai mahasiswa FKH dan Peternakan UNSYIAH, mengenai produksi bahan pangan asal unggas di Tanah Rencong ini. 

 

Hal di atas merupakan salah satu fenomena perunggasan yang terjadi di Aceh, hal-hal mengenai unggas akan sangat menarik untuk dikaji terutama bagi kita para pecinta unggas. Dengan komplek dan beragamnya hal-hal mengenai unggas, HIMPUS FKH UNSYIAH sementara ini membagi dirinya menjadi tiga divisi yaitu DIVISI BURUNG, DIVISI POULTRY, dan DIVISI RISTEK. Semoga UKM HIMPUS FKH UNSYIAH ini dapat segera dibentuk sehingga dapat berfungsi dengan baik .

 

2.      Kegiatan UKM Himpunan Mahasiswa Pecinta Unggas (HIMPUS)

1.      Kunjungan Panti Asuhan

1

Gambar 1.1 Kunjungan ke Panti Asuhan “An-Nur” merupakan program pertama kepengurusan yang dilakukan oleh UKM HIMPUS 2018.

1

Gambar 1.2 Kegiatan ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti tausiah yang disampaikan oleh ustadz Tri Wahyuli.

1

Gambar 1.3 Untuk menghibur adik-adik di panti asuhan, UKM HIMPUS mengadakan berbagai permainan dan perlombaan, seperti yang tertera pada gambar. Sedang berlangsung perlombaan cerdas cermat.

111

(a)              

         

 

Gambar 1.4 Kegiatan ini diakhir dengan penyerahan piagam penghargaan kepada (a) Panti Asuhan Annur. (b) Ustadz selaku pemberi tausiah. (c) Salam-salam dan penyerahan kado untuk anak panti asuhan “An-Nur”

1

Gambar 1.5 Foto bersama ustadz, panitia dan anak panti asuhan.

 

2.      World Migratory Bird Day

1

Gambar 2.1 Kegiatan WMBD diawali dengan perlombaan mewarnai yang diadakan di TK Unsyiah.

1

 

1

1

Gambar 2.2 Kegiatan membagi stiker dibeberapa titik keramayan di Kota banda Aceh.

1

Gambar 2.3 Kegiatan WMBD juga diisi dengan seminar yang diisi oleh pembicara yang Expert di bidangnya. ( drh. Agus Nurza, M.Si dan Rubama).

1

Gambar 2.4 Kegiatan birdwatching yang dilakukan di Pantai Ulee Lheu Kota Banda Aceh.

11

 

 

 

 

 

Gambar 2.5 Kegiatan birdwatching diakhiri dengan membersih area pantai dengan mengutip sampah-sampah plastik yang ada disekitar pantai.

3.      World Egg Day

111

Gambar 3.1 Kegiatan memperingati hari telur sedunia. UKM HIMPUS membagi 1000 telur yang dibagikan keseluruh masyarakat Kota Banda Aceh

4.      Enterpreneurship 5

Tidak ada lampiran foto, dikarenakan ada kesalahan teknis dalam publikasi.

5.      Seminar Nasional Poultry 1.0

6.      

1

7.      Gambar 5.1 Kegiatan ini diawali dengan tarian yang dipersembahkan oleh Anggota UKM HIMPUS

1

8.      Gambar 5.2 seminar Nasional Poultry yang di moderatori oleh Hanni Aninaidu, Anggota UKM HIMPUS. Seminar ini diisi oleh pembicara yaitu Taufik Robina S.Pt dan drh. Zulfikar, M.Si.

9.      Gambar 5.3 Peserta sedang mengikuti seminar nasional Poultry 1.0

i

10.  Gambar 5.4 Kegiatan ini dilanjutkan dengan Workshop dan Fildtrip. Workshop yang diisi oleh drh. Nursalim, M.Si di Laboratorium Patologi.

 

1

Gambar 5.5 Panitia Seminar Nasional Poultry 1.0

 

3.      Sosial Media UKM Himpunan Mahasiswa Pecinta Unggas (HIMPUS)

1

 

4.      Struktur UKM Himpunan Mahasiswa Pecinta Unggas (HIMPUS)

1