PROGRAM STUDI MAGISTER KESEHATAN MASYARAKAT VETERINER PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS SYIAH KUALA


Identitas Program Studi:

  • Nama Program Studi: Magister Kesehatan Masyarakat Veteriner
  • Alamat: Gedung Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Lt.1 Jl. Tengku Chik Pante Kulu No. 5 Darussalam
  • Kode Pos: 23111
  • Kabupaten/Kota: Banda Aceh/Banda Aceh
  • Lintang: 5ᵒ34'03.9"N
  • Bujur: 95ᵒ22'15.2ᵒE
  • Nomor Telpon: 0651-7551536
  • Nomor Faxcimile: 0651-7551536
  • Alamat Email : pascakesmavet@gmail.com
  • Website:http://fkh.unsyiah.ac.id/s2-kesehatan-masyarakat-v...
  • Gelar Yang Diberikan: Magister Sains (M.Si)


Deskripsi Singkat:

Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Syiah Kuala merupakan satu-satunya Program Studi Magister Kesmavet di wilayah Pulau Sumatera. Prodi Magister Kesmavet berdiri berdasarkan SK Dirjen Dikti: No. 2329/D/T/2009 Tanggal 7 Desember 2009. Pada awalnya, Pengelolaan Prodi Magister Kesmavet berada dibawah Koordinasi Unit Kerja Pascasarjana Universitas Syiah Kuala.

Melalui Ketetapan Rektor Nomor 6 Tahun 2016 tanggal 5 September 2016, Prodi Magister Kesmavet ditetapkan sebagai Program Studi Pascasarjana Monodisplin dan penyelenggaraannya berada pada koordinasi Fakultas Kedokteran Hewan terhitung sejak Tahun Akademik 2016/2017.

Prodi Magister Kesmavet telah terakreditasi dengan peringkat B sesuai SK BAN PT No. 146/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2014 tanggal 23 Mei 2014 dengan nilai 320 (berlaku sampai 22 Mei 2019).

Kurikulum Prodi Magister Kesmavet dijalankan berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Syiah Kuala Nomor 1483 Tahun 2016 Tanggal 21 Juli 2016 yang dilaksanakan dalam 4 (empat) semester dengan total kredit Sistem Kredit Semester (SKS) yang harus ditempuh sejumlah 42 SKS.


VISI

Menjadi program studi yang inovatif dan unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang kesehatan masyarakat veteriner berbasis publikasi ilmiah pada tahun 2023.

Misi

  1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan kegiatan akademik dalam pengembangan Iptek bidang Kesmavet
  2. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan penelitian bidang Kesmavet dan dipublikasi secara Nasional dan Internasional.
  3. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat pada bidang kesehatan masyarakat veteriner dalam upaya menyelesaikan permasalahan masyarakat.
  4. Meningkatkan hubungan kerjasama dengan berbagai pihak baik dalam atau luar negeri untuk meningkatkan kualitas kegiatan tridharma perguruan tinggi.


Kompetensi Prodi :

  • Kompetensi Utama

    Kompetensi utama pada Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala mengacu pada standar, yaitu
  1. Memiliki wawasan di bidang sistem kesehatan hewan nasional dan legislasi veteriner.
  2. Memiliki kemampuan manajemen pengendalian dan penanggulangan penyakit strategis dan zoonosis, keamanan hayati (biosecurity-biosafety), serta pengendalian lingkungan.
  3. Memiliki kemampuan pengawasan dan pengendalian keamanan dan mutu produk hewan, mutu obat hewan dan bahan-bahan biologis termasuk pemakaian dan peredarannya, serta pengukuran (assesment) dan penyeliaan kesejahteraan hewan.
  4. Memiliki keterampilan dalam komunikasi profesional (professional communication).
  5. Memiliki dasar-dasar pengetahuan analisis risiko, analisis ekonomi veteriner dan jiwa kewirausahaan (entrepreunership).
  • Kompetensi Pendukung

    Kompetensi Pendukung Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala dan permintaan stakeholders
  1. Mampu mengoperasikan perangkat teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan produktivitas kerja dalam bidang kesmavet.
  2. Mampu menggunakan metode kuantitatif yang tepat untuk menganalisis dan mentransfer data dan informasi yang relevan bagi pengambilan keputusan manajerial dalam bidang kesmavet.
  3. Mampu berkomunikasi dengan baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris secara lisan dan tertulis.
  4. Mampu menyajikan gagasan dan atau laporan pekerjaan secara lisan dan tertulis dengan teknik presentasi yang efektif dan menarik.
  • Kompetensi Lainnya

    Kompetensi lain yang ingin dicapai lulusan Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala
  1. Memiliki integritas dan disiplin yang tinggi.
  2. Memiliki sikap inovatif, proaktif, dan bertanggung jawab dalam peningkatan kualitas kerja.
  3. Memiliki kepribadian terbuka untuk mengembangkan jejaring.
  4. Memiliki semangat melayani dan bersaing secara sehat.
  5. Memiliki pertimbangan bertindak atas dasar etika dan legalitas yang sesuai dengan situasi dan kondisi.
  6. Memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan (masyarakat, bangsa, dan negara).

Capaian Pembelajaran :

  • Capaian Pembelajaran

    Kurikulum Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala dikembangkan berdasarkan capaian pembelajaran dengan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) yang dilakukan secara terintegrasi, baik horizontal maupun vertikal yang berorientasi pada masalah kesehatan hewan, manusia, lingkungan dan dalam bidang kesehatan masyarakat veteriner.
  1. Merancang kajian/penelitian di bidang higiene pangan, zoonosis dan epidemiologi melalui metode ilmiah sehingga menghasilkan karya tulis yang teruji dan diakui secara nasional atau internasional.
  2. Menyusun solusi alternatif terhadap permasalah di bidang kesehatan masyarakat veteriner secara inter dan multidisiplin berdasarkan kajian teoritis dan empiris.
  3. Memberikan kontribusi dalam perencanaan kebijakan dan peraturan di bidang kesehatan masyarakat, kesehatan hewan, dan kesehatan lingkungan.
  4. Menguasai teori dan metodologi penelitian di bidang kesehatan masyarakat, higiene pangan, zoonosis, epidemiologi dan ekonomi veteriner, serta prinsip sanitary (non tarif) dalam perdagangan global, pendekatan one health, prinsip pengendalian dan pemberantasan penyakit menular untuk berperan sebagai peneliti, akademisi, konsultan, wirausaha dan birokrat di bidang kesmavet, kesehatan hewan dan masyarakat.
  5. Mengelola program kajian/penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik/ilmiah yang diakui secara nasional maupun internasional.
  6. Mengambil keputusan strategis yang berbasis ilmiah dan inter/multidisiplin di bidang kesehatan masyarakat, kesehatan hewan, dan kesehatan lingkungan.
  7. Memiliki sikap jujur, kritis, kooperatif, dan komunikatif.

Bagikan halaman ini